h1

Tips Mencari Beasiswa

Desember 6, 2007

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencari peluang beasiswa:
Pahami kriteria beasiswa yang diinginkan. Bila pemberi beasiswa berasal dari perusahaan atau lembaga yang berafiasiliasi ke perusahaan, pastikan ada-tidaknya ikatan dinas seusai masa pendidikan. Ikatan dinas ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dipelajari konsekuensinya. Selain itu, perlu diketahui bahwa tidak semua beasiswa memberikan biaya penuh. Ada beasiswa yang hanya memberikan uang kuliah atau hanya untuk tugas akhir.
Perluas jaringan informasi dan komunikasi. Bila Anda bertekad mendapatkan beasiswa, jangan hanya memperbanyak informasi peluang beasiswa-yang biasanya mudah didapat di internet atau di kampus-kampus. Anda juga harus mulai membangun komunikasi dengan dunia pendidikan, baik dalam maupun luar negeri, khususnya lembaga pendidikan yang dituju. Sasarannya antara lain mendapatkan rekomendasi dari profesor atau pengajar universitas setempat.
Pastikan Anda memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. Cermati detil informasi beasiswa dengan seksama. Bila Anda tidak memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan, jangan memaksakan diri untuk mendaftar. Pemberi beasiswa sangat ketat dalam menyeleksi calon penerima. Ini tentu berkaitan dengan kepentingannya sebagai pemberi beasiswa. Di samping itu, persaingan mendapatkan beasiswa sangat ketat sehingga berlaku sistem ranking dalam menentukan ’pemenang’.
Lengkapi persyaratan secepatnya. Bila Anda sudah menetapkan satu pilihan, susun daftar persyaratan yang dibutuhkan dan bergegaslah melengkapi semuanya. Melamar beasiswa tidak ubahnya melamar pekerjaan. Bila persyaratan administrasi tidak lengkap, Anda akan langsung tereliminasi dari proses seleksi. Persyaratan untuk beasiswa pascasarjana kurang lebih sama dengan tingkat sarjana namun dengan bobot yang lebih tinggi, antara lain:
Nilai IPK S1.
TOEFL atau IELTS GMAT atau GRE.
Pengalaman kerja.
Surat rekomendasi dari dosen atau atasan tempat bekerja.
Surat rekomendasi dari universitas yang dituju (Letter of Acceptance atau Call Forward).
Pengalaman organisasi atau lembaga kemasyarakatan.
Artikel dalam bentuk essai (berisi motivasi dan kualifikasi diri).
Sumber : Kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: