h1

Bekerja dalam Team

November 18, 2007

Ketika semalam memberi pelatihan untuk kepala sekolah di kalangan Dikdasmen Muhammadiyah di SKB Cepiring, saya ajak peserta untuk bermain “GAMES”. Awalnya peserta saya minta untuk menuliskan impian-impian tentang sekolah yang mereka pimpin. Ternyata banyak juga lho yang kesulitan menuliskan mimpi yang ingin diwujudkan. Kalau mimpi/ keinginan dan cita-cata saja nggak ada mana mungkin bisa mewujudkan perubahan di sekolah.
Pada sesi berikutnya saya ajak peserta untuk mengenal adanya keragaman melalui sebuah games, tujuannya dengan mengalami sendiri adanya keragaman mereka akan menyadari bahwa dalam mengelola sekolah harus mengakomodir banyak kepentingan dan keragaman .
Di sesi yang lain peserta melaksanakan games akan pentingnya komunikasi dalam tim. Wah seru,… ternyata meskipun mereka para kepala sekolah kalau sudah kerja kelompok nggak beda jauh dengan murid-murid, hebooh. Tapi akhirnya melalui diskusi hasil games yang dilakukan disadari bahwa dalam bekerja dalam tim diperlukan komunikasi yang intensif. Senyara nyata mereka dapat membedakan hasil pekerjaan yang dilakukan tanpa komunikasi ternyata hasilnya nggak jelas dan tidak membentuk, sementara pekerjaan yang dibuat dengan mengedepankan komunikasi, kerja sama dan pembagian tugas yang jelas hasilnya nyata.
Pelatihan di tutup dengan mengkaji hukum-hukum team work.
Semoga pelatihan semalam bermanfaat, dan bisa mewarnai perubahan pola manajemen di sekolah-sekolah Muhammadiyah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: